Halo selamat pagi, sepertinya pagi ini lebih semangat yah karena hari libur yang cukup panjang, yah apa lagi kalau bukan liburan semester. terus kamu liburannya kemana ?
PulKam alias pulang kampung ? , atau hanya sekedar mencari wahana wisata diluar kota ?
kalau aku sih tetap dirumah, menikmati seduhan kopi dipagi hari dengan bebas tampa ada beban kuliahan. beruntunglah bagi kamu yang kesempatan menghabiskan hari libur dengan pulang ke kampung halaman atau ketempat rekreasi, ouh iyah sampai lup sub temanya kan tentang tempat rekreasi ditarakan yah, aku sih bukan orang tarakan asli tapi alhamdulillah tau banyaklah tentang Tarakan, apalagi tempat wisatanya. Tempat sekecil tarakan apasih yang gak kita ketahui, kecuali kalau kamu orang introvert, uuups...bercanda . oke langsung tempat yang pertama :

1. Pantai Amal

https://www.sumber.com/images/jalan-jalan-kuliner/Nana/kaltara/pantai_amal_lama2.jpg

Ini adalah wahana wisata paling terkenal di Tarakan, kepopulerannya pun dari dulu hingga sekarang masi sama. kesini bareng keluarga atau pasangan (bagi yang sudah SAH) asik banget, menikmati indahnya langit dan air yang terbentang luas sembari angin menyapu dengan lembut. selain itu kamu juga bakal menemukan berjejeran penjual dipinggir pantai menawarkan dagangannya, mulai dari gorengan, kapah , Ikan bakar, buras, es segar dan masi banyak lagi jajanan yang mantap deh pokoknya. aku saranin jika kamu ke tarakan jangan lupa ke tempat ini karena ini tempat fenomenal, hehe. oh iyah kalau kesini jangan berharap bisa liat air yang jernih kayak dibali atau di Derawan yah, karena warna airnya kayak susu coklat, tapi itulah khasnya Bro .

2. Hutan Mangrove (KKMB)

https://www.indonesiakaya.com/uploads/_images_gallery/cover/hutan_mangrove_1290.jpg

Selanjutnya adalah hutan mangrove Tarakan, ini tempat yang gak boleh kamu lewatkan jika ke Tarakan. namanya aja hutan mangrove, pastinya disana ada tanaman mangrove terus kamu akan menemukan hewan langka khas kalimantan, yah siapa lagi kalau bukan bekantan hewan lincah yang menyerupai kera hanya saja khasnya dia memiliki hidung panjang. liat wajahnya dan tingkahnya mengemaskan banget, tapi kalian harus hati-hati yah, membawa barang2 yang mentereng... karena bisa saja sepintas dia merebutnya. selain bekantan, disini juga terdapat hewan lain sepert burung dan pusat pengembangan kepiting. Tempat ini sering dijadikan tempat wisata dan juga tempat belajar. oh yah, jangan lupa baiaya masuknya Rp5.000,00.

3. Wana Persemaian Kota Tarakan


 
 Jika kamu adalah orang yang suka dengan suasana alam yang masi alami, disinilah tempatnya. Terdapat ratusan pohon  menjulang tinggi dengan berbagai macam jenis. tempat ini biasa digunakan untuk tempat outbond, kemah, dan juga hanya sekedar hunting bersama teman atau dengan keluarga.

4. Tempat Peninggalan Belanda 

  

Suka dengan sejarah, atau sesuatu yang kuno-kuno alias barang antik. di Tarakan kamu akan banyak menemukan tempat peninggalan para penjajah (Belanda & Jepang). mengingat dulu Tarakan merupakan tempat strategis bagi persinggahan kapal dan juga sebagai pulai minyak. sudah hal yang normal jika para penjajah dahulu berfokus ditempat ini, menempatkan persenjataan canggih mereka dan beberapa peninggalan lain seperti : pompa minyak, menara pengintai, benteng dan masi banyak lagi peninggalan lainnya. kalau kesini jangan lupa di abadikan yah, hehe

5. Wisata Air Terjun Tarakan

 

Nih adalagi wisata selanjutnya, yaitu air terjun. tempatnya di mamburungan, disana kamu bisa menikmati suasana alam yang masi alami dan jembatan pelang untuk berfoto dan tentu yang namanta air terjun pasti kamu bakal bisa main air dan berenang karena disana juga ada kolamnya yang cukup luas untuk bisa berenang. jangan lupa, baiaya masuknya 3 rb :)

6. Taman Berkampung Tarakan

 
Waah ini nih kebanggaan masyarakat tarakan, Taman berkampung taman yang baru saja diresmikan oleh walikota Tarakan beberapa bulan lalu. tempat yang dipenuhi oleh aktivitas masyarakat di akhir pekan melepaskan sejenak beban pekerjaannya. disana terdapat berbagai jenis jajanan, dan tawaran permainan yang seruhhhhhhh !
janngan lupa kalau kesini bawa uang yah , hihi

7. Taman Berlabuh

 

Adalah taman berlabuh, sama dengan taman berkampung, hanya saja taman berlabuh bertempat di bibir pantai sehingga kamu bisa menikmati indahnya matahari terbenam disore hari (sunset).

Oke sekian dulu yah, sebenarnya masi ada lagi beberapa saran tempat, mungkin dilain waktu bisa saya tambahkan, semoga bermanfaat yah .