Skip to main content

Masa Kuliah : Suka Duka Menjadi Ketua Tingkat

 ***** Bismillahirahmanirahim...oke fix kita mulai menulis *****

Udah pernah gak jadi ketua tingkat/kelas, atau pernah ngebayangin gimana kalau jadi ketua tingkat ?

Menurutku jadi ketua tingkat itu susah ngebedain antara pemimpin atau pesuruhnya kelas , ( emang iyah,kenyataan kok). menjadi ketua tingkat musti orang yang memiliki kesabaran tingkat tinggi. bukan hanya itu, paket dan pulsa juga harus full, yah minimal 1jutaan lah kan ...weeitzz (haha)

Mencoba mengingat terakhir kali aku menjadi ketua kelas itu semenjak kelas 6 SD, pada saat itu mulai dari kelas satu SD sampai kelas enam SD aku dipercaya untuk memimpin teman-teman dikelas, namun SMP dan SMA gak pernah sama sekali jadi ketua kelas.

Dan Akhirnya Dimasa Kuliah Semester 5

Aku kembali disuruh oleh teman-teman untuk menjadi ketua tingkat (sebutan ketua kelas dibangku perkuliahan) untuk menggantikan kepemimpinan teman saya. sempat bimbang sih, dan pada akhirnya aku bersedia menjadi ketua tingkat . karena beberapa teman mendorong saya untuk melaksanakan amanah tersebut. 

Gimana kagak bimbang, dikelasku yang sekarang udah kayak ancaman batin bagi ketua tingkat, sebelum aku menjadi ketua tingkat sudah ada dua teman saya yang menjabat sebelumnya, bisa kebayang kan ? . dan sekarang aku yang ke 3, yaaah... bisa dibilang kelasku ini yang paling seringlah melakukan pergantian ketua tingkat -_-(HOROR)

Realita suasana kelas :-)

Selama aku duduk dibangku pendidikan, baru pertama kali nemuin begitu lengkap kepribadian yang berada dalam satu kelas mewakili kepribadian seluruh rakyat indonesia dari sabang - merauke, yah kali ini disebut miniaturnya indonesia lah (kelas ajaTuh). Sebenarnya sih aktor utamanya para wanita-wanita, apalagi dikelas yang sekarang wanita menjadi kaum mayoritas jumlahnya 24, ngaturnya udah lebih berat daripada ngatur istri 24 orang....hihihi... jadi kepengen nikah <_>
Diawal udah aku singgung kalau kamu mudah marah,  gak bakalan bisa jadi ketua tingkat. kenapa ???? 

Karena kamu bakal banyak nemuin hal-hal unik yang bisa mengundang kepala mendidih, misalnya nih ada yang nanya di grup kelas " hari ini masuk mata kuliah geometri gak ?"  oke saya jawab iyah. setelah masuk jam Mata kuliahnya, dosen menginformasikan ke saya bahwa MK hari ini kita tunda dulu, padahal teman-teman sudah pada sampai dikampus. disitulah ketua tingkat menjadi sasaran amarah bagi mahasiswa, seolah-olah ini terjadi karena Kating. "aduh kamu ini lambat ngabarinnya, sudah dandan gini, jauh lagi rumah kekampus, kalau tau bakal gini mending tidur aja, kok bisa sih diganti jamnya ? minta sekarang aja !. 

eh kok kamu bisa-bisanya gak bawa colokan, gak tanggum jawab  , cari sana !

Lain lagi cerita kalau dosennya gak ada kabar ketika waktu kuliah sudah lewat 20 menit, desakan mulai ditujukan kekating untuk menanyakan kepastian masuk atau tidaknya, dosen  tidak ada kabar ketika memasuki menit ke 45, dan mereka memutuskan pulang, udah aku mah bisa ngikutin aja, eh pas pulang turun tangga, dosennya malah datang. 

Atau nyebarin redaksi ke grup bahwa mata kuliah A gak masuk hari ini, karena ibu mempunyai kesibukan bla ...bla. ada aja yang nanya kembali "ouh jadi mata kuliah A gak masuk dong ?" .kenapa sih harus nanya gitu 0_0 ,( sakit lo de)

Belum lagi yang minta izin, Izinkan aku yah hari ini ! atau mahasiswa yang takut menghadap dosen curhat ke katingya, nanti kalau aku menghadap model gini nanti kena marah gak yah ? .coba dong cekkan dosennya di jurusan, ada gak yah ?, tugasku belum selesai, boleh diundur gak kumpulnya ? coba tanyain dong !kamu egois arogan mikirin diri sendiri, what is wrong ???

Terus kalau lagi sebar redaksi yang penting kegrup, sering dicuekin sama mereka. Tapi kalau ngebahas yang gak penting atau nanya nilai udah keluar dijamin tuh chat bakal penuh 999+++.huuufft

Haru Tahu Segalanya @_@

Info ini benar gak yah ?, coba tanyain dong. jadi gak besok ? , besok ada kegiatan yah ?. minta nomr dosen B yah ?, bisa gak bantu hubungin dia ?. eh kata kelas sebelah ibu tadi gak masuk loh ?, jadi nanti ibu masuk gak ?, gak tau . kok gak tau sih, kamu kan kating harusnya tau dong. ada tugas yah dari ibu ? . Kesimpulannya ketika menjadi kating kamu harus tau segalanya .

Aku menceritakan bukan berarti curhat karena menyesal jadi ketua tingkat, hanya sekedar berbagi pengalaman , karena menurut saya ini menjadi hal yang lucu ketika yang membacanya pernah mengalami hal yang sama nan unik. Jujur aja sih, semua ketua tingkat pasti pernah ngalamin hal yang aku ceritakan diatas. Kalian kalau punya cerita, bisa ceritain pengalaman kalian di comentar bawah yah, aku tunggu kisahnya 😀

Duka akan menjadi Suka ?

Emang sih dicerita ini lebih banyak dukanya, tapi bukan berarti aku menyesali amanah yang diberikan, justru aku menikmati setiap masalah yang ada. banyak manfaat yang aku dapatkan, dan memperoleh kebahagiaan ketika melihat teman-teman senyum karenaku. Apalagi kemarin aku sudah berhasil membujuk mereka untuk membeli baju batik couple satu kelas, udah bahagia banget lah . walaupun kelasnya susah banget diatur, tapi ada waktunya juga mereka pada saling ngertiin ?

banyak nyebelinnya, tapi sering disisipi dengan tingkah aneh (LUCU). harapanku, semoga kita akan selalu bersaudara selamaya,,,, sukses selalu untuk Kelasku A1 angkatan 2015 pendidikan matematika.SOLIDARITAS ! 

                                                 
Oh iyah kalau ada pengalamanmu, tulis di kolom komentar dibawah ini yah, biar bisa sharing :-D              

|Melji Salwanis 25-12-2017|

Comments

PUJI ANISA said…
:D belum pernah jadi kating tapi paham situasinya :D
Princess said…
Sama persis cerita nya kak, belum lagi ada teman kelas yang pen geser jabatan kita trs kek sok ambil ahli kelas eh tau nya dia ga bisa bertanggung jawab kan pada akhirnya keti juga yang harus tanggung jawab apalagi kalo menyangkut sama nilai t3man kelas atau semacam itu lah. Ada lagi yang merantau tapi suka pulkam pas libur 3 atau 4 hari pdahal lagi musim nya final trs klo mendadak dosennya mau final besok trs yg lain masih dikampungnya pasti keti harus pintar pintar bujuk fosennya supaya ditunda sampe siang atau sore sampe yang dikampung balik hedeh. Belum lagi apapun kesalahan yang berkaitan dengan kelas pasti disalahin keti nya:) pokoknya ga mudah jadi keti harus bener" sabar sama muter otak. Semangat para keti pasti kalian capek tapi jan pernah nyerah:D
Melji salwanis said…
haha mantap dek, semoga selalu diberikan kesabaran yah dalam menjalani amanah

Popular posts from this blog

Pengertian pertumbuhan,kematangan belajar dan latihan serta kaitannya dengan perkembangan

PAPER DI SUSUN OLEH: 1.       ASHAR                            :15.106040. 005 2.       SUREDA                          : 15.106040. 011 3.       MELJI SALWANIS        : 15.106040. 065           4.       RESKY ARYANI                       : 15.106040. 075 FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN TAHUN 2016/2017 ABSTRAK Pertumbuhan yaitu perubahan atau kenaikan dalam ukuran secara keseluruhan fisik, seperti tulang, tinggi badan, berat badan, jaringan syaraf dan lainnya menjadi lebih sempurna. Kematangan adalah merupakan suatu keadaan atau tahap pencapaian proses pertumbuhan atau perkembangan. Latihan adalah suatu kegiatan untuk memperbaiki kemampuan kerja seseorang dalam kaitannya dengan aktivitas belajar. Perkembangan di sini diartikan perubahan yang dialami individu atau organisme menuju tingkat kedewasaan yang berlangsung secara sist

LOGO UNTUK FLAYER

 

Klasifikasi Pendekatan,strategi,metode,teknik,taktik,dan model pembelajaran

A.  Pendekatan pembelajaran adalah Titik tolak proses pembelajaran , di dalamnya mewadahi, menginsiprasi, menguatkan, dan melatari metode pembelajaran dengan cakupan teoretis tertentu. Jenis-jenis Pendekatan dalam Pembelajaran 1.   Pendekatan Individualistic Pendekatan individualistic dalam proses pembelajaran, adalah sebuah pendekatan yang bertolak pada asumsi bahwa peserta didik memiliki latar belakang perbedaan dari segi kecerdasan, bakat, kecenderungan, motivasi, dan sebagainya. Perbedaan individualistis peserta didik tersebut memberikan wawasan kepada guru bahwa strategi pembelajaran harus memerhatikan perbedaan peserta didik pada aspek individual ini. Dengan kata lain, guru harus melakukan pendekatan individual dalam strategi belajar mengajarnya. Bila hal ini tidak dilakukan, makastrategi belajar tuntas ( mastery learning ) yang menuntut penguasaan penuh kepada peserta didik tidak pernah menjadi kenyataan. Dengan pendekatan individual ini kepada peserta didik dapat