Skip to main content

Tips menjadi moderator saat presentasi




Assalamualaikum wr. wb sobat blogger....
Malam ini aku kembali lagi dengan memposting sebuah artikal yang tidak biasa. Secara kebetulan sih aku besok mau tampi presentasi dengan teman kelompokku dan kebetulan aku ingin jadi moderator. Sebenarnya kalau jadi moderator udah biasa sih, namun kali ini iseng aja nyari di internet car presentasi yang baik itu seperti apa ??

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgv56TMHyy6YEqJGQ7Rmijl4jUrXg4AFHBCyhdno0pvG-5EmdgSMO36BSQ8h9P5cdaT4FDngou0KliHylVDzw1tvxGsc2W-uaCf-jevNNX6VQCq-aZkq9SzN0i3MmuZjjsQosCeLTDHnRA/s320/Contoh+kalimat+pembuka+Presentase+Kuliah.gif


1. Penentuan waktu dan mekanisme tanya jawab
2. Mengundang Pembicara menyajikan presentasi
3. Rangkuman umum inti presentasi penyaji
4. Mengundang pendengar untuk bertanya
5. Ucapan terimakasih kepada penyaji dan pendengar
6. Moderator menutup presentasi

Dibawah ini saya merangkum teks menjadi moderator presentasi :



TEKS MODERATOR
Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Yth Bpk/Ibu ……………………….. selaku dosen pembimbing matakuliah ……………………….
Dan teman sejawat kelas ……….. yang berbahagia
Puji syukur marilah kita panjatkan kepada Allah SWT, atas rahmat berupa kesehatan dan sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada Roslullah SAW.
Topik yang akan kita bicarakan mengenai ………………………. Saya ……………………….. selaku moderator akan membimbing jalannya diskusi ini, sebelumnya saya akan memperkenalkan anggota kelompok ………, 1………………,2 ………………,3 ……………….
Rangkaian acara yang akan kita lewati, diantaranya :
1. Pembukaan
2. Penyajian materi
3. Sesi tanya jawab
4. Penutup
5. Masukan dari dosen pembimbing
Acara yang pertama adalah pembukaan, marilah kita mengucapan basmalah
Selanjutnya adalah penyajian materi, saya memberi kesempatan kepada penyaji untuk membacakan hasil diskusi.
Penyaji : terimaksih kepada moderator ——- saya kembalikan kepada moderator
Moderator : terimakasih kepada penyaji
Selanjutnya adalah sesi tanya jawab, dengan peraturan yang akan saya bacakan :
1. Kesempatan tanya jawab kita laksanakan dengan 2 termin, setiap termin kami buka 3 pertanyaan dan setiap pertanyaan kami berikan 2 sanggahan.
2. Waktu tanya jawab kami batasi 15 menit
3. Selama proses diskusi berlangsung, audiens diharapkan untuk tenang.
Moderator : dipersilahkan bagi audiens yang ingin bertanya
Audiens : nama ………, kelompok …………… mau bertanya ………….
Moderator : bagaimana kelompok apakah sudah memahami pertanyaan, tolong ulangi lagi
Moderator : saya mempersilahkan penyaji untuk menyampaikan jawabannya
Moderator : bagaimana penanya apakah sudah sesuai?
Demikian tadi diskusi kelompok ……….., mari kita mengucapkan hamdalah.
Saya sebagai moderator mohon maaf atas kesalahan saya, marilah kita beri aplouse (tepuk tangan)
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Saya kembalikan kepada dosen pembimbing

Sumber :
https://wiwidwidia.wordpress.com/2014/12/04/contoh-teks-moderator/
https://www.ronapresentasi.com/tips-menyampaikan-presentasi-materi-kuliah-yang-baik-dan-menarik/
 

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian pertumbuhan,kematangan belajar dan latihan serta kaitannya dengan perkembangan

PAPER DI SUSUN OLEH: 1.       ASHAR                            :15.106040. 005 2.       SUREDA                          : 15.106040. 011 3.       MELJI SALWANIS        : 15.106040. 065           4.       RESKY ARYANI                       : 15.106040. 075 FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN TAHUN 2016/2017 ABSTRAK Pertumbuhan yaitu perubahan atau kenaikan dalam ukuran secara keseluruhan fisik, seperti tulang, tinggi badan, berat badan, jaringan syaraf dan lainnya menjadi lebih sempurna. Kematangan adalah merupakan suatu keadaan atau tahap pencapaian proses pertumbuhan atau perkembangan. Latihan adalah suatu kegiatan untuk memperbaiki kemampuan kerja seseorang dalam kaitannya dengan aktivitas belajar. Perkembangan di sini diartikan perubahan yang dialami individu atau organisme menuju tingkat kedewasaan yang berlangsung secara sist

LOGO UNTUK FLAYER

 

Klasifikasi Pendekatan,strategi,metode,teknik,taktik,dan model pembelajaran

A.  Pendekatan pembelajaran adalah Titik tolak proses pembelajaran , di dalamnya mewadahi, menginsiprasi, menguatkan, dan melatari metode pembelajaran dengan cakupan teoretis tertentu. Jenis-jenis Pendekatan dalam Pembelajaran 1.   Pendekatan Individualistic Pendekatan individualistic dalam proses pembelajaran, adalah sebuah pendekatan yang bertolak pada asumsi bahwa peserta didik memiliki latar belakang perbedaan dari segi kecerdasan, bakat, kecenderungan, motivasi, dan sebagainya. Perbedaan individualistis peserta didik tersebut memberikan wawasan kepada guru bahwa strategi pembelajaran harus memerhatikan perbedaan peserta didik pada aspek individual ini. Dengan kata lain, guru harus melakukan pendekatan individual dalam strategi belajar mengajarnya. Bila hal ini tidak dilakukan, makastrategi belajar tuntas ( mastery learning ) yang menuntut penguasaan penuh kepada peserta didik tidak pernah menjadi kenyataan. Dengan pendekatan individual ini kepada peserta didik dapat