Skip to main content

Membuat Program/Algoritma Barisan Bilangan Fibonacci Di Scilab

Assalamualaikum wr. wb
Kali ini saya akan mencoba membantu teman-teman yang mungkin masi bisa di katakan pemula, dan mempunyai tugas untuk membuat algoritma pemrograman menggunakan scilab.

kalau menurut saya scilab termasuk susah jika di bandingkan dengan pemrograman sejenisnya misalnya Math lab, wajar saja sih karena scilab itu termasuk aplikasi open source.

Baiklah saya akan membagikan apa yang saya ketahui setelah kemarin kebetulah baru saja selesai menyelesaikan tugas pemrograman. Dan tugas yang saya dapatkan ini termasuk rumit jika di bandingkan dengan kelompok lain, tugasnya itu tentang bilangan Fibonacci. wahh ini bilangan pertma kalinya saya dengar, tapi tidak menjadi kendala, ada mbah google kok...hehe

Dalam matematika, bilangan Fibonacci adalah barisan yang didefinisikan secara rekursif sebagai berikut:
{\displaystyle F(n)={\begin{cases}0,&{\mbox{jika }}n=0;\\1,&{\mbox{jika }}n=1;\\F(n-1)+F(n-2)&{\mbox{jika tidak.}}\end{cases}}}
Penjelasan: barisan ini berawal dari 0 dan 1, kemudian angka berikutnya didapat dengan cara menambahkan kedua bilangan yang berurutan sebelumnya. Dengan aturan ini, maka barisan bilangan Fibonaccci yang pertama adalah:
0, 1, 1, 2, 3, 5, 8, 13, 21, 34, 55, 89, 144, 233, 377, 610, 987, 1597, 2584, 4181, 6765, 10946...
Barisan bilangan Fibonacci dapat dinyatakan sebagai berikut:
Fn = (x1n – x2n)/ sqrt(5)
dengan
  • Fn adalah bilangan Fibonacci ke-n
  • x1 dan x2 adalah penyelesaian persamaan x2 – x – 1 = 0.
Perbandingan antara Fn+1 dengan Fn hampir selalu sama untuk sebarang nilai n dan mulai nilai n tertentu, perbandingan ini nilainya tetap. Perbandingan itu disebut rasio emas yang nilainya mendekati 1,618.

LANGSUNG AJA KITA KE SCILAB :

 Masukkan Ini Pada Scinotes

//PROGRAM PERKENALAN 

clc
clear

disp ('**************************************************************')
disp ('Assalamualaikum warohmatullahi wabarakatuh')
disp ('Selamat Datang di meljisalwanis.blogspot.co.id')
disp ('Terimah kasih yah semoga Blog ini bisa membantu apa yang kamu butuhkan -_-')
 
 Makan Akan Muncul Di Console Seperti di bawah ini :
 
 


1. Sebelumnya Memperkenalkan Nama kelompok Saya Sulu,,, Langsung Copas aja lalu analisis sendiri deh,,, pasti lama lama tau sendiri
 
 
 
clear
clc
disp ('Assalamualaikum warohmatullahi wabarakatuh')
disp ("^^^^^^^^^^^KELOMPOK 6^^^^^^^^^^^^")
disp ("1. Melji Salwanis  (15601040065)")
disp ("2. Mita Ariyani    (15601040069)")
disp ("3. Mutmainnah      (15601040067)")
disp ("4. Resky Aryani    (15601040075)")
disp ("5. Sarahwati       (15601040073)")
disp ("6. Sayupi Asri     (15601040071)")
disp ("7. Wira Dano Putra (15601040081)")
disp("**************************    PROGRAM BARISAN FIBONACCI KE - n   *****************************")


    
disp(">>>>>>>>>>>>>>> SILAHKAN PILIH SALAH SATU <<<<<<<<<<<<< ")
disp("PILIH 1 f(0)=0 & f(1)=1")
disp("PILIH 2 Jika Suku Pertama dan Kedua Berbeda Atau Bukan 1")

y=input("masukkan pilihan anda = ")
select y
case 1
    disp("Program Jika f(1)=f(2)=1")
    n=input("masukkan banyaknya suku = ")
    f=zeros(n,1); 
    f(1)=1;
    f(2)=1;
     for k=3:n
    f(k)= (f(k-1))+(f(k-2));
disp(f(k),"Suku ke-n adalah ")
end

case 2
    disp("Jika Suku Pertama dan Kedua bukan 1")
f(1)=input("masukkan suku pertama a=")
f(2)=input("masukkan suku kedua b=")
n=input("masukkan banyaknya suku n=")

     for k= 3:n 
    f(k)= (f(k-1))+(f(k-2))

disp(f(k),"Suku ke-n adalah ")

end
end 
 
  
 
2. Kalau yang kedua saya pakai While, jadi bisa di ulang perintah programnya , 
langsung saja di telaah di bawah ini :
 
 
clear
clc
disp ('Assalamualaikum warohmatullahi wabarakatuh')
disp ("^^^^^^^^^^^KELOMPOK 6^^^^^^^^^^^^")
disp ("1. Melji Salwanis  (15601040065)")
disp ("2. Mita Ariyani    (15601040069)")
disp ("3. Mutmainnah      (15601040067)")
disp ("4. Resky Aryani    (15601040075)")
disp ("5. Sarahwati       (15601040073)")
disp ("6. Sayupi Asri     (15601040071)")
disp ("7. Wira Dano Putra (15601040081)")
disp("**************************    PROGRAM BARISAN FIBONACCI KE - n   *****************************")
Jawab=1;
while(Jawab==1)

    
disp(">>>>>>>>>>>>>>> SILAHKAN PILIH SALAH SATU <<<<<<<<<<<<< ")
disp("PILIH 1 f(0)=0 & f(1)=1")
disp("PILIH 2 Jika Suku Pertama dan Kedua Berbeda Atau Bukan 1")

y=input("masukkan pilihan anda = ")
select y
case 1
    disp("Program Jika f(1)=f(2)=1")
    n=input("masukkan banyaknya suku = ")
    f=zeros(n,1); 
    f(1)=1;
    f(2)=1;
     for k=3:n
    f(k)= (f(k-1))+(f(k-2));
disp(f(k),"Suku ke-n adalah ")
end

case 2
    disp("Jika Suku Pertama dan Kedua bukan 1")
f(1)=input("masukkan suku pertama a=")
f(2)=input("masukkan suku kedua b=")
n=input("masukkan banyaknya suku n=")

     for k= 3:n 
    f(k)= (f(k-1))+(f(k-2))

disp(f(k),"Suku ke-n adalah ")

end
end
Jawab = input('\nPILIH 1 Untuk Mengulangi Program');
end
 
Akan Mucul Seperti ini :
 
 
 
Selanjutnya Saya Pilih 1 misalnya 

 
 
 
Oke, Sekian Yang Bisa saya berikan semoga Membantu yah !!!
 

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian pertumbuhan,kematangan belajar dan latihan serta kaitannya dengan perkembangan

PAPER DI SUSUN OLEH: 1.       ASHAR                            :15.106040. 005 2.       SUREDA                          : 15.106040. 011 3.       MELJI SALWANIS        : 15.106040. 065           4.       RESKY ARYANI                       : 15.106040. 075 FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN TAHUN 2016/2017 ABSTRAK Pertumbuhan yaitu perubahan atau kenaikan dalam ukuran secara keseluruhan fisik, seperti tulang, tinggi badan, berat badan, jaringan syaraf dan lainnya menjadi lebih sempurna. Kematangan adalah merupakan suatu keadaan atau tahap pencapaian proses pertumbuhan atau perkembangan. Latihan adalah suatu kegiatan untuk memperbaiki kemampuan kerja seseorang dalam kaitannya dengan aktivitas belajar. Perkembangan di sini diartikan perubahan yang dialami individu atau organisme menuju tingkat kedewasaan yang berlangsung secara sist

LOGO UNTUK FLAYER

 

Klasifikasi Pendekatan,strategi,metode,teknik,taktik,dan model pembelajaran

A.  Pendekatan pembelajaran adalah Titik tolak proses pembelajaran , di dalamnya mewadahi, menginsiprasi, menguatkan, dan melatari metode pembelajaran dengan cakupan teoretis tertentu. Jenis-jenis Pendekatan dalam Pembelajaran 1.   Pendekatan Individualistic Pendekatan individualistic dalam proses pembelajaran, adalah sebuah pendekatan yang bertolak pada asumsi bahwa peserta didik memiliki latar belakang perbedaan dari segi kecerdasan, bakat, kecenderungan, motivasi, dan sebagainya. Perbedaan individualistis peserta didik tersebut memberikan wawasan kepada guru bahwa strategi pembelajaran harus memerhatikan perbedaan peserta didik pada aspek individual ini. Dengan kata lain, guru harus melakukan pendekatan individual dalam strategi belajar mengajarnya. Bila hal ini tidak dilakukan, makastrategi belajar tuntas ( mastery learning ) yang menuntut penguasaan penuh kepada peserta didik tidak pernah menjadi kenyataan. Dengan pendekatan individual ini kepada peserta didik dapat