“Aku menceritakannya melalui tulisan, inilah caraku agar kisah ini tak hilang dari ingatan, karena aku sadar mengandalkan memori tak sebaik jika menulisnya langsung lalu menyimpannya pada lembaran”(melji)

Berawal  Kemarin tepatnya tanggal 17 september 2016 KAMMI komsat Tarakan Mengadakan ab1 Angkatan ALI . 

Mentari belum menampakkan dirinya panitia sebagian sudah ada di aula Islamic tempat pelaksanaa ab1 kammi. Sesuai dengan kesepakatan kemarin diharapkan panitia berkumpul jam 06.00 subhu, walaupun kenyataannya masi banyak yang telat datang . namun tidak menghambat berjalannya acara karena pembukaan baru akan dilaksanakan jam 09.00 , namun tidak baiknya ketika keterlambatan dijadikan kebiasaan menjadi pribadi dan ikut melekat pada semua kader , wahh!!! Bahaya besar itu, jangan sampai yah akhi/ukhti .
Dan beberapa menit kemudian peserta mulai berdatangan mengisi administrasi yang di sediakan oleh panitia , selanjutnya mereka di arahkan masuk ke ruangan acara dan di berikan kertas pengisian biodata dari panitia kemudia mereka duduk sambil menunggu peserta yang lainnya . akhirnya acara pembukaan sudah dimulai dengan di pandu oleh MC abal2 (Maklum Kali pertama menjadi MC Selama hidup di dunia) Tilawah tidak lupa lalu di lanjutkan  dengan sambutan oleh ketua panitia(akh alvi),lanjut  ketua umum kammi Tarakan (akh dullah),dan acara dimulai tak lupa dengan doa oleh (Akh Ashar).
Materi kepemudaan pun di berikan kepada mereka, antusias terlihat diwajah para peserta, dengan diselingi dengan game menguji konsentrasi, kekuatan memori, serta Mental . dengan adanya game game yang diberikan pemateri membuat suasana menyenangkan dan menantang melibatkan adrenalin,wiiuhh …HAHA.
Adzan dzuhur pun berkumndang kegiatan dihentikan sementara untuk melaksanakan kewajiban kita umat muslim, akan di lanjutkan setelah makan siang . Alhamdulillah semua calon kader kammi sholat Berjamaan di masjid, setelah itu Makan siangpun tiba, ada yang menarik dalam menu siang kali ini , nasi dan lauknya rendang (daging sapi),wooouuh luar biasa yah kammi tarakan dengan dana yang minim bisa mengadakan kegiatan Ab1 dan menu di dalamnya DAGING SAPI,Wow banget tuh.
Ternyata usut punya usut tersebar kabar dari peserta langsung yang mengatakannya. Kata nya sih dia diberi tahu dari panitia (wah CREWET banget panitia Ab1 Angkatan ali), katanya kan masi suasana lebaran Qurban jadi antum semua bisa makan daging . jadi seandainya waktu pelaksanaannya hari biasa makanannya apa dong ? Ikan Asing mungkin , (hehe tetap bersyukur yah masi banyak di luar sana yang tidak punya makanan).

Peserta kembali ketempat acara dengan ditemani Muka kemerah-merahan karena bumbu rendang dan mata yang berbinar binar memasuki ruangan lalu duduk , karena daging sapi tadi lah yang membuat mereka seperti itu ( menurut saya). Materi dimulai keseriusan pun terlihat dari mata peserta, mereka mendengarkan dengan cukup baik. Waktu menunjukkan pukul 02.30 , pada saat pemateri kedua masuk terlihat wajah para peserta sudah mulai lesu dan hobi mengangah, wajar saja karena waktu waktu tidur siang. Materi ketiga pun dimulai ba’diyah Ashar, “problematika Umat” materi tersebut menarik terlihat dari peserta yang awalnya pada mengantuk semua menjadi terbawa oleh materi karena memang pematerinya juga luar biasa bisa memaksimalkan materi.

Selanjutnya soal soal pre test diperuntukkan kepada mereka untuk dijawab sesuai dengan kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki. Setelah itu para peserta di berikan waktu untuk mandi sore lalu kemudian sholat maghrib dimasjid lalu tilawah bersama , selanjutnya di lanjutkan dengan pembentukan kelompok untuk diskusi, mereka diberikan tugas membuat masalah dalam Pendidikan,hukum,ekonomi, dan politik lalu memberikan solusi. Dan mulai lah mereka berdiskusi sesama teman kelompok , antusiasme terlihat dengan keseriusan mereka dari cara pemaparan masing masing kelompok. Saling menanggapi antara kelompok yang satu dengan yang lainnya, sampai tidak terasa waktu sudah hampir jam 11.00 , kegiatan dihentikan karena sudah menjelang larut malam . mereka kemudian disuruh tidur untuk bangun sholat qiyamullail besok pukul 03.00 , tapi kenyataannya kami bangun setengah 5 subhu ,panitia pada ketiduran mungkin karena kecapean apa lagi diantara kami gak ada yang pasang alarm.
Karena hal tersebut rasanya kegiatan Dmnya ada yang kurang , kami pun bersegera ke masjid untuk sholat subhu . selanjutnya kembali dan berkumpul bersama peserta dan panitia untuk dzikir pagi (almatsurat) Kemudian pemanasan untuk mengikuti olahraga panahan, di sini nih banyak tingkah lucu terjadi. Mulai dari peeserta yang tidak bisa menarik busur, ada juga yang anak panahnya terpantul kembali, ada yang salah akurasi, bermacam macam lah hal yang lucu lucu terjadi.
Setelah itu sarapan dan kemudian dilanjut materi dan materi lagi , tidak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 11.30, acara penutupan pun berlangsung dimulai dari pembacaan tilawah, sambutan ketua KAMMI Tarakan, lalu Pembacaan doa, di lanjut dengan penyampaian pesan dan kesan peserta selama mengikuti Dm 1 ini. Pesan dan kesan di sampaikan oleh Fikri(semester1) mewakili ikhwannya , “Selama mengikuti dm1 ini, Alhamdulillah bagus yah, mulai dari panitianya yang ramah , makanannya yang enak , dan soal agamnya mereka selalu mengajak sholat berjamaan bersama,pengisi materinya bagus-bagus” begitulah kata beliau, itu hanya sedikit yang saya ingat, sebenarnya panjang tapi ana lupa apa aja yang dia bilang. Selanjutnya dari akhwat nya yang menyampaikan pesan dan kesan nya, namanya syifa(semester5), “sama seperti dibilang fikri tadi yah, orangnya baik baik berjilbab syari’i, (kemudian dia tertunduk dan menangis sambil mengatakan,Tadi pagi saya dan teman teman di ajak sholat dhuha bersama, mengapa saat saya sudah semester 5 baru menemukan orang orang seperti mereka, masuk organisasi KAMMI saat sudah mau selesai” Begitulah yang saya ingat dari dia, suasana hening menyelimuti ruangan, seketika kami pun bertakbir secara serentak (allahuakbar).
Tak usah membahas itu lebih jauh, jadi terharu kalau ingat momen tersebut, selanjutnya pemberian sertifikat secara simbolis oleh ketua panitia, salah satu dari akhwat dan ikhwannya mewakili. Dzuhur telah tiba kami pun bersegera sholat, lalu kami lanjut makan siang bersama. Kemudiaan foto bersama panitia dan peserta, dilanjut dengan ramah tamah dan acaranya pun selesai…. SELAMAT KEPADA PESERTA DM1, KAMU SUDAH RESMI MENJADI KADER KAMMI, MENGEMBAN DAKWAH BERSAMA KAMMI  MENUNTASKAN PERUBAHAN.

TERIMAH KASIH KEPADA semua panitia, ketua panitia yang luar biasa dan ketua umum KAMMI tarakan. Jazakumullah khairan katsiran akhi…

Semoga kita tetap istiqomah pada keputusan apa yang kita ambil, semoga suasana bahagia, banyak hiburan dan perasaan HAPPY itu berubah menjadi terasa bosan lalu kalian memilih hengkan menjadi Kader.JANGAN!!! kawan. Menjadi kader dakwah itu memang Tidak mudah, tapi kalian harus tau mengurus KAMMI itu sudah termasuk dakwah, Kader KAMMI insya allah bukan kader biasa…



Melji salwanis, 18 september 2016 TARAKAN