Alay adalah sebuah istilah yang merujuk pada sebuah fenomena perilaku remaja di Indonesia.[1] "Alay" merupakan singkatan dari "anak layangan"atau "anak lebay".[1] Istilah ini merupakan stereotipe yang menggambarkan gaya hidup norak atau kampungan.[2] Selain itu, alay merujuk pada gaya yang dianggap berlebihan (lebay) dan selalu berusaha menarik perhatian.[1] Seseorang yang dikategorikan alay umumnya memiliki perilaku unik dalam hal bahasa dan gaya hidup.[1] Dalam gaya bahasa, terutama bahasa tulis, alay merujuk pada kesenangan remaja menggabungkan huruf besar-huruf kecil, menggabungkan huruf dengan angka dan simbol, atau menyingkat secara berlebihan. Dalam gaya bicara, mereka berbicara dengan intonasi dan gaya yang berlebihan.[1] Di Filipina terdapat fenomena yang mirip, sering disebut sebagai Jejemon.

Kalo menurut kamu alay itu gimana sih ?
Perilaku yang lebih di dominasi kaum hawa dan sudah mulai menular ke kaum adam baik dari gaya hidup maupun penampilannya. kadang kadang kalo liat orang beginian suka geli sendiri sih haha. kamu yang jengkel dengan temanmu, adikmu , kakakmu, atau malah kamu sendiri yang alay:P. apa lagi sekarang tuh lagi trend yang di sebut foto hitz, gaya gaya mereka aneh aneh sampai terkadang membahayakan dirinya sendiri demi sebuah gaya yang aku sebut tidak ada bedanya dengan alay, sejenis sepaket lah tuh. di kampus,sekolah sekolah pun gitu, pergi kuliah bukannya belajar malah bersanding soal style . sampai di kampus selfie sana sini, sampai dalam ruangan pun gitu. pulang ke rumah kerjaan nya cuman aktif di media, upload foto foto yang di sebut hitz , komentar sana sini kayak gak ada kerjaan lain....

Jujur sih aku juga pernah muda pernah ngerasain kayak mereka,  . tapi ada baiknya perilaku itu tidak kalian alami, parah banget lah remaja yang masa depannya masi panjang malah perilakunya gak jelas .padahal masi banyak kan yang harus di lakuin, pesan dari saya pergunakan lah masa muda mu , jangan sampai nanti baru menyesal. apa yang kamu lakukan sekarang itu gambaran kedepannya....

INI SAYA KASI BIAR PERILAKU ALAY KAMU TERATASI :D :D haha


1. Pelajari Kosakata bahasa indonesia dengan benar

 Banyak alay yang sering menyalahkan bahasa indonesia dengan merubah kata-katanya jadi terlalu singkat atau kombinasi huruf besar & kecil yg gak beraturan. Lebih parah lagi ada yang banyak menggunakan simbol-simbol yang susah banget dimengerti. En sering banget juga itu gak hanya terjadi di sms tapi di ucapan pergaulan sehari-hari , Contoh : LaGy ApHa CiaYankKK, Aqyuu CiaAnK KMoe.

2. Isi waktu dengan karya tulis
Mungkin contoh kecil menulis di blog, pengalamanmu,tulisan ilmiah  dll. Dengan itu hidup mu akan lebih bermanfaat untuk orang lain, dan juga bisa melatih kamu menjadi penulis professional , amiiin

3. Membaca Buku
Coba deh membaca buku itu kamu jadikan kebiasaan, banyak banget yang bisa kamu dapat dengan membaca. Buku itu jendela dunia, kamu bisa menguasai dunia dengan membaca buku. Hidup dan waktu kamu terasa singkat ketika buku kamu baca dan jadikan kebiasaan setiap saat.

4. Hindari musik yg bikin galau
 Kata-kata galau salah satunya karena sering dengerin musik yang kelewat melow, kadang penampilan ala harajuku, punk, emo, rockstar tapi playlist di Hp nya isinya smash & viera semua. Lagu bukan untuk membuat hati kita semakin tidak menentu, kalo pengen tetep galau mending nonton sinetron aja malah sekalian bisa bikin nangis dari pada lagu cuma bikin sedih..
5. Kurangi aktifitas di jejaring sosial
Jejaring sosial kyk FB,tweet, BBM, dll emang ada manfaat positip & negatip nya juga, tapi kalo terlalu sering diliatin tiap hari juga gk baik. Apalagi kalo tiap menit update status :lagi makan nihh... 5 menit kemudian makan udah selesai nich.. 2 menit kemudian makan lagi nich, maseh lapet geto...
6. Perbaiki penampilan
 Sebagian besar remaja sekarang banyak yang niru penampilan ala artis korea/jepang/indonesia sendiri.Tapi yg perlu diingat niru boleh tapi dipertambangkan juga lah sama hal mendasar kayak warna kulit, wajah, model rambut jadi kesannya gk asal timpuk mode biar ngikutin arus. Kalo maksa banget orang lain mungkin memang bakalan noleh tapi noleh dalam artian koq aneh gitu ya.. coba deh cari-cari dulu referensi mana model cocok mana yg enggak, wajah putih atau item mah gak masalah. Banyak koq artis cantik yg punya wajah item manis.
7.  Jangan Lupa Berdoa Kepada allah
Kekuatan doa itu luar biasa, sangat dahsyat tidak ada yang bisa mengubah takdir kecuali doa , menghindari hal-hal buruk & melakukan hal baik. Banyak orang yang terjerumus di kejahatan karena pilar pondasi agamanya kurang kuat, mulai perkuat imannya dan perbanyak berdoa minta petunjuk sama yang diatas.

oce skian nd tima kacihhh muanyakkk